INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Banner

Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi

INSTRAN.org - Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya kolaborasi pentahelix yang melibatkan stakeholder, akademisi,...

Dilema transportasi umum di era COVID-19

INSTRAN.org - Transportasi umum menghadapi dilema selama pandemi COVID-19 merajalela. Di satu sisi, digalakkan untuk mengurangi kemacetan dan menjaga...

Isu Merger Gojek-Grab dan Potensi Pelanggaran Persaingan Usaha

INSTRAN.org - Isu penggabungan usaha (merger) antara raksasa ojek daring di Indonesia, Gojek dan Grab, kembali mencuat. Melansir Financial Times,...

Angkutan Umum Telat Bayar Denda Saat Operasi Yustisi, Izin Usahanya Akan Dicabut

INSTRAN.org - Operasi yustisi yang melibatkan Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) juga menyorot kepatuhan angkutan umum.

Konsep Bus Rapid Transit (BRT) di Luar Jakarta Masih Belum Tepat

INSTRAN.org – Institut Studi Transportasi (Instran) menilai sistem operasi bus sebagai angkutan massal perkotaan dengan sistem BRT (Bus Rapid Transit)...

  • Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi

    Friday, 25 September 2020 10:09
  • Dilema transportasi umum di era COVID-19

    Friday, 25 September 2020 09:59
  • Isu Merger Gojek-Grab dan Potensi Pelanggaran Persaingan Usaha

    Thursday, 24 September 2020 09:54
  • Angkutan Umum Telat Bayar Denda Saat Operasi Yustisi, Izin Usahanya Akan Dicabut

    Wednesday, 23 September 2020 13:52
  • Konsep Bus Rapid Transit (BRT) di Luar Jakarta Masih Belum Tepat

    Wednesday, 23 September 2020 10:06

Metropolitan

Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi
Friday, 25 September 2020
INSTRAN.org - Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya kolaborasi pentahelix yang melibatkan stakeholder, akademisi, komunitas, masyarakat dan media dapat memberikan... Read more...
Dilema transportasi umum di era COVID-19
Friday, 25 September 2020
INSTRAN.org - Transportasi umum menghadapi dilema selama pandemi COVID-19 merajalela. Di satu sisi, digalakkan untuk mengurangi kemacetan dan menjaga langit tetap cerah, bersih, dan sehat, di sisi... Read more...
Isu Merger Gojek-Grab dan Potensi Pelanggaran Persaingan Usaha
Thursday, 24 September 2020
INSTRAN.org - Isu penggabungan usaha (merger) antara raksasa ojek daring di Indonesia, Gojek dan Grab, kembali mencuat. Melansir Financial Times, diskusi itu berlanjut usai kedua perusahaan... Read more...
Angkutan Umum Telat Bayar Denda Saat Operasi Yustisi, Izin Usahanya Akan Dicabut
Wednesday, 23 September 2020
INSTRAN.org - Operasi yustisi yang melibatkan Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) juga menyorot kepatuhan angkutan umum. Read more...
Konsep Bus Rapid Transit (BRT) di Luar Jakarta Masih Belum Tepat
Wednesday, 23 September 2020
INSTRAN.org – Institut Studi Transportasi (Instran) menilai sistem operasi bus sebagai angkutan massal perkotaan dengan sistem BRT (Bus Rapid Transit) di daerah lain di luar DKI Jakarta belum... Read more...
Pemerintah Kembangkan Fasilitas Stasiun KRL Pondok Ranji, Apa Saja? PDF Print E-mail
Tuesday, 11 August 2020 09:50
INSTRAN.org - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan PT Jaya Real Property Tbk berkolaborasi menata dan mengembangkan fasilitas di Stasiun KRL Pondok Ranji, Tangerang Selatan, guna meningkatkan layanan bagi penumpang KRL.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam sambutannya pada peletakan batu pertama peningkatan aksesibilitas Stasiun Pondok Ranji di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya terus berupaya membangun sistem transportasi yang terintegrasi dengan moda lain, perkantoran, atau kompleks perumahan.

Budi berharap masyarakat semakin mudah dalam menjangkau dan menggunakan angkutan umum massal dengan tarif terjangkau, tak terkecuali KRL.

“Saya menyambut baik kolaborasi yang dilakukan PT KAI bersama dengan PT Jaya Real Property untuk melakukan penataan dan pengembangan di Stasiun Pondok Ranji . Karena memang masyarakat Kota Tangerang Selatan banyak yang bekerja dan beraktivitas di wilayah DKI Jakarta dengan lebih banyak memilih menggunakan KRL. Salah satu stasiun yang padat adalah di Stasiun Pondok Ranji ini,” katanya.

Menhub menginginkan bentuk kerja sama ini dapat diaplikasikan di wilayah lain dan tak lupa dukungan dari pemerintah daerah setempat agar stasiun-stasiun kereta api menjadi semakin mudah diakses oleh masyarakat.

Dalam kesempatan sama Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menjelaskan salah satu prioritas pembangunan yang ingin diwujudkan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) adalah pembangunan infrastruktur kota yang nyaman, modern, dan ramah lingkungan.

Saat ini konsep kawasan terpadu di stasiun di Kota Tangsel sudah mulai dibangun di area stasiun Rawa Buntu dan sekarang di stasiun Pondok Ranji.

“Selain mendukung pertumbuhan perekonomian kawasan, konsep terpadu seperti ini tentunya membuat mobilisasi atau transportasi menjadi lebih efisien, mengurangi kemacetan, dan mendukung penataan kawasan,” ujar Airin.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan kolaborasi ini merupakan salah satu langkah KAI dalam mewujudkan visi perusahaan yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia melalui integrasi stasiun Pondok Ranji dengan kawasan JRP di Tangsel.

"Melalui penataan dan pengembangan Stasiun Pondok Ranji, diharapkan dapat memberikan kemudahan, keselamatan dan kenyamanan lebih bagi masyarakat di wilayah Tangerang Selatan yang ingin bekerja ke DKI Jakarta menggunakan KRL," ujarnya.

Didiek menambahkan kerja sama ini akan memberikan nilai tambah yang optimal atas aset yang dimiliki oleh KAI maupun JRP.

“Ke depan, stasiun-stasiun lainnya juga akan dikembangkan dengan konsep serupa agar minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dapat meningkat," katanya.

Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah penambahan akses keluar masuk stasiun Pondok Ranji di mana saat ini akses stasiun hanya melalui Jalan WR Supratman yang jalannya sempit dan padat.

Ke depan akses stasiun akan ditambah menuju Kawasan Pemukiman Bintaro Jaya yang berada di seberang Jalan Tol Jakarta Serpong. Akses baru tersebut akan terhubung dengan stasiun melalui Connector Bridge yang nyaman.

Nantinya, keberadaan akses keluar masuk stasiun yang baru dapat mengurai kepadatan kendaraan di sekitar Stasiun Pondok anji.

Peningkatan pelayanan penumpang KRL juga dilakukan dengan menambah kapasitas lot perparkiran, baik roda empat yang semula 26 lot menjadi 83 lot, maupun roda dua yang semula 400 lot menjadi 1.200 lot.

Dengan peningkatan jumlah lot perparkiran ini diharapkan lebih banyak masyarakat yang beralih ke moda transporatsi KRL untuk menuju wilayah-wilayah di sekitar Jabodetabek.


Sumber : Tempo.co, 10 Agustus 2020

https://metro.tempo.co/read/1374352/pemerintah-kembangkan-fasilitas-stasiun-krl-pondok-ranji-apa-saja/full&view=ok

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Has been published

Banner
Writer : Darmaningtyas Thickness : xxi+344 pages Publisher : INSTRAN-Pustaka Yashiba Price : USD 10 Postal purchased please call: Izzul Waro, +6221-79197057-info@instran.org

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday249
mod_vvisit_counterYesterday1006
mod_vvisit_counterThis week249
mod_vvisit_counterThis month37937
mod_vvisit_counterAll7098121
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download