INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Banner

Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi

INSTRAN.org - Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya kolaborasi pentahelix yang melibatkan stakeholder, akademisi,...

Dilema transportasi umum di era COVID-19

INSTRAN.org - Transportasi umum menghadapi dilema selama pandemi COVID-19 merajalela. Di satu sisi, digalakkan untuk mengurangi kemacetan dan menjaga...

Isu Merger Gojek-Grab dan Potensi Pelanggaran Persaingan Usaha

INSTRAN.org - Isu penggabungan usaha (merger) antara raksasa ojek daring di Indonesia, Gojek dan Grab, kembali mencuat. Melansir Financial Times,...

Angkutan Umum Telat Bayar Denda Saat Operasi Yustisi, Izin Usahanya Akan Dicabut

INSTRAN.org - Operasi yustisi yang melibatkan Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) juga menyorot kepatuhan angkutan umum.

Konsep Bus Rapid Transit (BRT) di Luar Jakarta Masih Belum Tepat

INSTRAN.org – Institut Studi Transportasi (Instran) menilai sistem operasi bus sebagai angkutan massal perkotaan dengan sistem BRT (Bus Rapid Transit)...

  • Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi

    Friday, 25 September 2020 10:09
  • Dilema transportasi umum di era COVID-19

    Friday, 25 September 2020 09:59
  • Isu Merger Gojek-Grab dan Potensi Pelanggaran Persaingan Usaha

    Thursday, 24 September 2020 09:54
  • Angkutan Umum Telat Bayar Denda Saat Operasi Yustisi, Izin Usahanya Akan Dicabut

    Wednesday, 23 September 2020 13:52
  • Konsep Bus Rapid Transit (BRT) di Luar Jakarta Masih Belum Tepat

    Wednesday, 23 September 2020 10:06

Metropolitan

Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi
Friday, 25 September 2020
INSTRAN.org - Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya kolaborasi pentahelix yang melibatkan stakeholder, akademisi, komunitas, masyarakat dan media dapat memberikan... Read more...
Dilema transportasi umum di era COVID-19
Friday, 25 September 2020
INSTRAN.org - Transportasi umum menghadapi dilema selama pandemi COVID-19 merajalela. Di satu sisi, digalakkan untuk mengurangi kemacetan dan menjaga langit tetap cerah, bersih, dan sehat, di sisi... Read more...
Isu Merger Gojek-Grab dan Potensi Pelanggaran Persaingan Usaha
Thursday, 24 September 2020
INSTRAN.org - Isu penggabungan usaha (merger) antara raksasa ojek daring di Indonesia, Gojek dan Grab, kembali mencuat. Melansir Financial Times, diskusi itu berlanjut usai kedua perusahaan... Read more...
Angkutan Umum Telat Bayar Denda Saat Operasi Yustisi, Izin Usahanya Akan Dicabut
Wednesday, 23 September 2020
INSTRAN.org - Operasi yustisi yang melibatkan Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) juga menyorot kepatuhan angkutan umum. Read more...
Konsep Bus Rapid Transit (BRT) di Luar Jakarta Masih Belum Tepat
Wednesday, 23 September 2020
INSTRAN.org – Institut Studi Transportasi (Instran) menilai sistem operasi bus sebagai angkutan massal perkotaan dengan sistem BRT (Bus Rapid Transit) di daerah lain di luar DKI Jakarta belum... Read more...
Kendaraan Listrik Akan Melejit, Ini Kata Operator Transportasi PDF Print E-mail
Thursday, 13 August 2020 12:00
INSTRAN.org - Sejumlah operator transportasi umum satu suara soal kendaraan listrik, khususnya untuk angkutan umum. Mereka menilai sarana transportasi bertenaga setrum makin penting untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak fosil.

Pendapat tersebut disampaikan oleh BlueBird EV Project Leader Prayoga Wiradisuria, Direktur Utama Damri Setia N Milatia Moemin, serta Kepala Divisi Teknik dan Pengembangan Bus Listrik PT TransJakarta Ery Priawan dalam webinar nasional Adaptasi Kebiasaan Baru Bertransportasi menuju Indonesia Baru yang diadakan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Prayoga mengatakan sebagai pioner perusahaan taksi yang menggunakan kendaraan listrik, Blue Bird ikut mendukung program pemerintah dalam menggalakkan penggunaan kendaraan listrik dalam operasional usaha sehari-hari.

"Perkembangan kendaraan listrik ke depan akan sangat pesat, dan semua sependapat kendaraan listrik akan merupakan model transportasi modern," katanya.

Saat ini, setidaknya sudah ada lebih 23 negara yang perusahaan taksinya menggunakan kendaraan listrik dan BlueBird mengikuti langkah perusahaan taksi di negara-negara tersebut, selain ikut mendukung program pemerintah mengenai kendaraan listrik.

Saat menggunakan kendaraan listrik untuk armada taksi, perusahaan melalui proses panjang hingga akhirnya diluncurkan taksi kendaraan listrik pada 2019 dengan pilihan merek BYD dan Tesla, sekalipun masih dalam jumlah terbatas 29 unit.

"Penggunaan kendaraan listrik untuk taksi ini menjadi revolusi bagi kendaraan yang digunakan secara komersial di Jakarta dan ini akan terus berkembang dan diikuti perusahaan lain," katanya.

Untuk mendorong lebih maju kendaraan listrik di Indonesia, pemerintah perlu mendukung dengan mengeluarkan berbagai regulasi antarkementerian, seperti mengenai biaya listrik, BM impor suku cadang, hingga kemudahan infrastruktur membangun stasiun pengisian listrik untuk kendaraan.

SUDAH DIRENCANAKAN
Direktur Utama Damri Setia N Milatia Moemin mengatakan sekalipun perusahaan mendukung penggunaan bus listrik tapi sampai saat ini pihaknya masih belum memiliki bus listrik untuk armadanya.

"Sebenarnya program menggunakan bus listrik ini sudah kami rencanakan beberapa waktu lalu, tapi karena mewabahnya Covid-19 maka program tersebut terpaksa kami jadwal ulang," katanya.

Namun demikian, kata Moemin, perusahaan tetap berkomitmen kuat dalam waktu tidak lama akan menggunakan bus listrik untuk sebagian armadanya.

Untuk melihat seberapa jauh keuntungan menggunakan bus listrik, Damri perusahaan bersama konsultan Grutters telah melakukan berbagai kajian yang pada intinya penggunaan kendaraan listrik akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang.

"Memang pada awal-awal penggunaan kendaraan listrik akan memakan biaya besar, tapi untuk jangka panjangnya akan lebih menguntungkan. Untuk itu kami juga minta dukungan pemerintah untuk mengeluarkan berbagai regulasi antarkementerian," katanya.

UJI COBA
Kepala Divisi Teknik dan Pengembangan Bus Listrik PT TransJakarta Ery Priawan, mengatakan perusahaannya saat ini sudah melakukan uji coba terhadap dua bus listrik merek BYD buatan China selama tiga bulan untuk rute Balai Kota-Blok M.

"Mengapa perusahaan melakukan uji coba bus listrik merek BYD? Karena bus tersebut sudah melalui proses legalitas dan dinilai layak untuk beroperasi di jalan raya," katanya.

TransJakarta, katanya, selain menerima bus listrik dari BYD juga menerima tawaran kendaraan serupa dari berbagai merek seperti Skywell, INKA, Edison, Zhongton, MAB, dan Golden Dragon.

President Director & CEO PT Bakrie Autoparts Dino A. Ryandi, mengatakan perusahaan sejak sejak awal mempunyai keinginan untuk menjadi pelopor industri kendaraan listrik sebagai sarana angkutan masal masyarakat.

Keinginan ini timbul karena kita menilai kebutuhan atas sarana angkutan kendaraan listrik sudah sangat mendesak karena sejumlah kota besar di Indonesia, terutama di Jakarta mempunyai tingkat polusi yang sangat tinggi.

"Selain itu Indonesia adalah salah satu penandatangan United Nations Paris Accord tenang Perubahan Iklim sehingga kita harus memastikan bahwa sampai dengan tahun 2025 kita sudah mengimplementasikan minimal 23 persen dari transportasi publik kita sudah berbasis energi terbarukan," katanya.

Sebagai perusahaan yang mengimpor bus listrik BYD yang digunakan TransJakarta, Dino mengatakan ada sejumlah alasan yang menjadikan pihaknya memilih produsen kendaraan listrik China itu.

Sejumlah alasan tersebut, katanya, BYD merupakan perusahaan kendaraan listrik terkemuka di China yang produknya menguasai pangsa di negaranya, selain itu perusahaan tersebut juga sudah ekspor bus listrik ke berbagai negara.

"Dan ini yang terpenting adalah BYD sangat mendukung alih teknologi kepada kita serta siap kendaraannya yang diproduksi nanti sebagian besar menggunakan suku cadang lokal Indonesia," katanya.

Ia juga berharap untuk mendukung agar kendaraan listrik di Indonesia cepat berkembang, perlu dibuat regulasi turunan dari kementerian/lembaga untuk menindaklanjuti Perpres No. 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.


Sumber : Bisnis.com, 12 Agustus 2020

https://otomotif.bisnis.com/read/20200812/275/1278404/kendaraan-listrik-akan-melejit-ini-kata-operator-transportasi

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Has been published

Banner
Writer : Darmaningtyas Thickness : xxi+344 pages Publisher : INSTRAN-Pustaka Yashiba Price : USD 10 Postal purchased please call: Izzul Waro, +6221-79197057-info@instran.org

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday228
mod_vvisit_counterYesterday1006
mod_vvisit_counterThis week228
mod_vvisit_counterThis month37916
mod_vvisit_counterAll7098100
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download