INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Banner
Enam Hari Rel Kereta di Porong Tak Bisa Dilewati karena Banjir PDF Print E-mail
INSTRAN.org - Terhitung 6 hari rel kereta api di Porong terendam banjir. Dan selama itu pula rel kereta tak bisa dilewati. Ini membuat pusing PT KAI Daop 8 Surabaya.

"Sudah enam hari. Pertama terjadi pada Kamis (11/2/2016) lalu mulai pukul 19.03 WIB," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto dalam pesan singkatnya, Selasa (16/2/2016).

Pada hari pertama itu, kata Suprapto, banjir telah menggenangi rel setinggi 39 cm dari kop rel. Dan saat itulah petak jalan Stasiun Porong-Tanggulangin dinyatakan tertutup. Ketinggian itu makin bertambah dari harike hari mulai dari ketinggian 40-60 cm.

"Untuk hari ini hingga pukul 08.45 WIB, ketinggian air masih 39 cm dari kop rel, turun dari kemarin pagi yang ketinggiannya 43 cm" lanjut Suprapto. 

Dengan ketinggian itu, rel tetap tak bisa dilewati. Ketinggian maksimal untuk kereta agar bisa lewat adalah 9 cm. Selama masih belum bisa dilewati, ujar Suprapto, perjalanan 30 kereta yang melintas di jalur itu masih menggunakan tiga skema peraturan.

Tiga skema itu adalah pertama, pembatalan perjalanan kereta. Kereta yang perjalanannya dibatalkan adalah KA Penataran untuk rute Surabaya-Sidoarjo (KA penataran hanya berjalan dari Bangil-Blitar), KA Probowangi untuk rute Surabaya-Sidoarjo (KA Probowangi hanya berjalan dari Bangil-Banyuwangi).

Kedua, para penumpang diangkut menggunakan bus terlebih dahulu menuju stasiun yang melewati kawasan Porong untuk kemudian dinaikkan kereta dan sebaliknya.

Kereta yang menggunakan skema kedua ini adalah, KA mutiara timur juruan Surabaya - Banyuwangi. Dari Surabaya - Bangil/begitupun sebaliknya,  mengunakan bus. Lalu dari Bangil - Banyuwangi menggunakan kereta api.

KA Bima jurusan Malang - Surabaya - Jakarta. Dari Malang ke Surabaya/begitupun sebaliknya, mengunakan bus. Lalu dari Surabaya ke Jakarta mengunakan kereta.

KA Jayabaya jurusan Malang - Surabaya - Jakarta. Dari Malang ke Surabaya/begitupun sebaliknya mengunakan bus. Lalu dari Surabaya ke Jakarta mengunakan kereta api.

Ketiga,  perjalanan kereta seperti KA Logawa jurusan Jember - Purwokerto dan KA Sri Tanjung jurusan Banyuwangi - Leumpuyangan dari Jember  tidak menuju ke Surabaya, tetapi langsung dari Jember - Bangil berbelok ke Malang - Kertosono - Jawa Tengah/begitupun sebaliknya. 

Sumber Berita: Kompas.com, Selasa 16 Feb 2016, 10:24 WIB

http://news.detik.com/berita-jawa-timur/3143004/enam-hari-rel-kereta-di-porong-tak-bisa-dilewati-karena-banjir

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Has been published

Banner
Writer : Darmaningtyas Thickness : xxi+344 pages Publisher : INSTRAN-Pustaka Yashiba Price : USD 10 Postal purchased please call: Izzul Waro, +6221-79197057-info@instran.org

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1334
mod_vvisit_counterYesterday1980
mod_vvisit_counterThis week3314
mod_vvisit_counterThis month25430
mod_vvisit_counterAll3960407
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download