INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner

Perlu Kompromi dengan Angkutan Perkotaan

INSTRAN.org – Perpanjangan mass rapid transit (MRT) hingga Tangerang Selatan (Tangsel) harus belajar dengan operasional bus Transjakarta rute Pondok...

MRT Masuk Tangsel Pacu Pengembangan Properti

INSTRAN.org - Wacana moda transportasi massal mass rapid transit (MRT) menembus Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dapat memacu pengembangan properti. 

Headtime KRL Bisa Maksimal Jika Semua Perlintasan Sebidang Ditutup

INSTRAN.org - PT KCI terus mencari cara agar headtime Commuter Line bisa dibuat sesingkat mungkin. Salah satu solusinya bahwa headtime commuter line...

Transjakarta Kerahkan 1.300 Armada Bus Saat Pilpres 2019

INSTRAN.org - TransJakarta akan mengerahkan 1.300 armada busnya saat pemilihan presiden (Pilpres) pada Rabu, 17 April 2019.

Hari Ini Mesin Tiket MRT Beroperasi

INSTRAN.org - Vending machine atau mesin tiket otomatis Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan difungsikan seluruhnya pada hari ini. Operasional mesin...

  • Perlu Kompromi dengan Angkutan Perkotaan

    Senin, 22 April 2019 10:29
  • MRT Masuk Tangsel Pacu Pengembangan Properti

    Senin, 22 April 2019 10:29
  • Headtime KRL Bisa Maksimal Jika Semua Perlintasan Sebidang Ditutup

    Kamis, 18 April 2019 10:37
  • Transjakarta Kerahkan 1.300 Armada Bus Saat Pilpres 2019

    Selasa, 16 April 2019 15:29
  • Hari Ini Mesin Tiket MRT Beroperasi

    Senin, 15 April 2019 11:46

Metropolitan

Perlu Kompromi dengan Angkutan Perkotaan
Senin, 22 April 2019
INSTRAN.org – Perpanjangan mass rapid transit (MRT) hingga Tangerang Selatan (Tangsel) harus belajar dengan operasional bus Transjakarta rute Pondok Cabe-Tanah Abang yang mendapat penolakan keras.  Selanjutnya...
MRT Masuk Tangsel Pacu Pengembangan Properti
Senin, 22 April 2019
INSTRAN.org - Wacana moda transportasi massal mass rapid transit (MRT) menembus Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dapat memacu pengembangan properti.  Selanjutnya...
Headtime KRL Bisa Maksimal Jika Semua Perlintasan Sebidang Ditutup
Kamis, 18 April 2019
INSTRAN.org - PT KCI terus mencari cara agar headtime Commuter Line bisa dibuat sesingkat mungkin. Salah satu solusinya bahwa headtime commuter line bisa maksimal jika seluruh perlintasan sebidang... Selanjutnya...
Transjakarta Kerahkan 1.300 Armada Bus Saat Pilpres 2019
Selasa, 16 April 2019
INSTRAN.org - TransJakarta akan mengerahkan 1.300 armada busnya saat pemilihan presiden (Pilpres) pada Rabu, 17 April 2019. Selanjutnya...
Hari Ini Mesin Tiket MRT Beroperasi
Senin, 15 April 2019
INSTRAN.org - Vending machine atau mesin tiket otomatis Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan difungsikan seluruhnya pada hari ini. Operasional mesin ini dinilai efektif mengurangi antrean calon... Selanjutnya...
Dampak Berganda MRT bagi Masyarakat PDF Cetak E-mail
Jumat, 08 Februari 2019 10:40
INSTRAN.org — Pembangunan proyek moda raya terpadu diyakini akan memberi dampak berganda, baik dalam menopang mobilitas masyarakat maupun sebagai pendorong ekonomi baru.

Otoritas Jasa Keuangan mendukung pembangunan proyek moda raya terpadu  (MRT) yang akan dilanjutkan ke fase berikutnya.

”Kami di sektor jasa keuangan akan mendukung penuh karena proyek MRT ini tidak bisa direalisasikan kalau tidak ada sinergi dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso ketika meninjau sekaligus mencoba MRT, Kamis (7/2/2019).

Wimboh bersama anggota Dewan Komisioner OJK dan beberapa anggota direksi bank mencoba MRT mulai dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia sampai Stasiun Lebak Bulus.

Wimboh mengapresiasi pencapaian PT MRT Jakarta karena dapat mewujudkan MRT yang telah direncanakan sejak dekade 1980-an.

Proyek MRT, lanjutnya, akan berdampak besar bagi masyarakat. Sebab, mobilitas masyarakat menuju tengah kota Jakarta atau sebaliknya akan lebih cepat. Keberadaan MRT juga akan mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru di sepanjang lintasannya.

Realisasi proyek MRT fase I dari Lebak Bulus ke Bundaran HI mencapai 98,7 persen. Pada akhir bulan ini, realisasinya diperkirakan menjadi 99 persen.

Kemarin masih ada sejumlah pekerjaan MRT Jakarta di tahap akhir. Pekerjaan itu antara lain memasang keramik lantai dan merapikan dinding di beberapa titik.

Menurut Wimboh, OJK dan sektor jasa keuangan mendukung pengembangan proyek MRT ke fase selanjutnya. Dalam pengembangan MRT, sinergi dengan pembiayaan luar negeri tidak terelakkan. Adapun teknologi yang digunakan dari Jepang.

OJK juga mendorong agar pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur dari pasar modal semakin ditingkatkan. Bentuknya melalui penerbitan surat utang, sekuritisasi piutang, sekuritisasi peroyek, atau penerbitan saham. Sebab, kebutuhan infrastruktur, seperti MRT, di Indonesia masih banyak.

”Kita harus selalu berpikiran terbuka untuk bersinergi sehingga pembangunan itu bisa lebih cepat dan bisa dinikmati masyarakat. Itu yang kami lakukan,” ujar Wimboh.

Komersial
Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, operasi MRT secara komersial direncanakan dimulai sekitar 24 Maret-31 Maret 2019. Saat ini, PT MRT Jakarta dalam tahap uji coba persinyalan dan uji operasi.

MRT memiliki 16 rangkaian, yang setiap rangkaian terdiri atas enam kereta.
Dalam uji coba bersama OJK dan sektor keuangan tersebut, ada delapan rangkaian kereta yang dioperasikan dengan jeda waktu 10 menit. Setelah beroperasi secara komersial, ada 14 rangkaian yang beroperasi dengan jeda waktu lima menit.

Menurut William, selain menyiapkan operasi MRT fase I, tahun ini akan dimulai proyek MRT fase II dari Bundaran HI sampai ke kawasan Kota. ”Fase 2 sedang kami siapkan desainnya. Pembiayaan dari Pemerintah Jepang sekitar Rp 25 triliun. Sekarang sedang dalam proses lelang,” kata William.

Selain MRT yang menghubungkan selatan dan utara, direncanakan juga MRT untuk menghubungkan timur dengan barat Jakarta, yakni dari Kalideres sampai Ujung Menteng sepanjang 31 kilometer. Untuk fase-fase selanjutnya, lanjut William, terbuka kemungkinan pendanaan dari swasta atau melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha.


Sumber : Kompas, Jumat 8 Februari 2019

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini950
mod_vvisit_counterKemarin1900
mod_vvisit_counterMinggu ini2850
mod_vvisit_counterBulan ini81139
mod_vvisit_counterSemua5440013
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download