Amankah Membonceng Menyamping? Cetak
Jumat, 05 April 2019 14:16
INSTRAN.org - Pernah membonceng sepeda motor? Kita bisa lihat, mereka yang membonceng sepeda motor ada yang menyamping atau lateral. Ada juga yang menghadap seperti posisi pengemudi. Mana yang aman lebih aman dalam safety riding?

Pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Instran) Darmaningtyas mengatakan, posisi duduk seperti pengemudi jauh lebih aman. ’’Dari segi keselamatan, ya mengangkang. Jauh lebeh aman daripada kaki di kiki (menyamping),’’ ujarnya kepada INDOPOS, Kamis (4/4/2019).

Dijelaskan, posisi menghadap sejajar dengan pengemudi dapat menjaga keseimbangan. Pembonceng juga lebih waspada terhadap situasi buruk yang tidak terkendali oleh pengemudi. ’’Kestabilan terjaga, lebih aman,’’ imbuhnya. Sedangkan keselamatan barang, seperti tas dan lainnya, lebih aman  ditaruh di tengah.

Ya, dalam berkendara, keselamatan tidak hanya perlu dipikirkan oleh pengemudi. Pada pembonceng sepeda motor juga harus memperhatikan aspek keselamatan berkendara supaya selamat dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Khusus pembonceng perempuan, cara berboncengan yang menyamping dapat memicu kecelakaan. Dalam safety riding, tidak ada posisi duduk menyamping karena bisa mengganggu keseimbangan kendaraan saat melaju. Imbasnya bisa menyulitkan pengemudi mengendalikan kendaraan. (zul)


Sumber : Indopos, Kamis 4 April 2019

https://indopos.co.id/read/2019/04/04/170540/amankah-membonceng-menyamping

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine