INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner

MTI Minta Transportasi Sepeda Dihidupkan saat New Normal Berlaku

INSTRAN.org - Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno, mengatakan keberpihakan pada transportasi umum harus lebih...

Sekat Driver dan Penumpang untuk New Normal Moda Transportasi

INSTRAN.org - Semua OPD di lingkungan Pemda DIY menyiapkan SOP terkait new normal setelah masa tanggap darurat di DIY berakhir.

"Transportasi Higienis” Jadi Kebutuhan di Era Kenormalan Baru

INSTRAN.org — Penyelenggaraan sistem transportasi higienis menjadi keharusan mengikuti arah perkembangan kenormalan baru. Pemenuhan protokol kesehatan...

Ini Bocoran Skema New Normal di Transportasi Umum

INSTRAN.org - New normal atau kondisi normal yang baru di tengah virus Corona sedang hangat diperbincangkan. Bahkan, hal ini pun sudah digaungkan...

Normal Baru, Organda: Sektor Transportasi Tak Serta-merta Pulih

INSTRAN.org — Organisasi Angkutan Darat menilai para pengusaha angkutan darat mesti melakukan inovasi jasanya guna menyesuaikan dengan normal baru...

  • MTI Minta Transportasi Sepeda Dihidupkan saat New Normal Berlaku

    Jumat, 29 Mei 2020 11:11
  • Sekat Driver dan Penumpang untuk New Normal Moda Transportasi

    Jumat, 29 Mei 2020 10:15
  • "Transportasi Higienis” Jadi Kebutuhan di Era Kenormalan Baru

    Kamis, 28 Mei 2020 11:13
  • Ini Bocoran Skema New Normal di Transportasi Umum

    Kamis, 28 Mei 2020 10:54
  • Normal Baru, Organda: Sektor Transportasi Tak Serta-merta Pulih

    Rabu, 27 Mei 2020 10:16

Metropolitan

MTI Minta Transportasi Sepeda Dihidupkan saat New Normal Berlaku
Jumat, 29 Mei 2020
INSTRAN.org - Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno, mengatakan keberpihakan pada transportasi umum harus lebih ditingkatkan, minimal mempertahankan yang saat ini sudah... Selanjutnya...
Sekat Driver dan Penumpang untuk New Normal Moda Transportasi
Jumat, 29 Mei 2020
INSTRAN.org - Semua OPD di lingkungan Pemda DIY menyiapkan SOP terkait new normal setelah masa tanggap darurat di DIY berakhir. Selanjutnya...
"Transportasi Higienis” Jadi Kebutuhan di Era Kenormalan Baru
Kamis, 28 Mei 2020
INSTRAN.org — Penyelenggaraan sistem transportasi higienis menjadi keharusan mengikuti arah perkembangan kenormalan baru. Pemenuhan protokol kesehatan menjadi keharusan. Selanjutnya...
Ini Bocoran Skema New Normal di Transportasi Umum
Kamis, 28 Mei 2020
INSTRAN.org - New normal atau kondisi normal yang baru di tengah virus Corona sedang hangat diperbincangkan. Bahkan, hal ini pun sudah digaungkan pemerintah di tengah wabah yang belum surut di... Selanjutnya...
Normal Baru, Organda: Sektor Transportasi Tak Serta-merta Pulih
Rabu, 27 Mei 2020
INSTRAN.org — Organisasi Angkutan Darat menilai para pengusaha angkutan darat mesti melakukan inovasi jasanya guna menyesuaikan dengan normal baru yang akan berlaku. Selanjutnya...
Operator Tol Trans Jawa Diminta Tingkatkan Layanan PDF Cetak E-mail
Rabu, 24 April 2019 15:42
INSTRAN.org – Operator tol Trans Jawa diminta untuk meningkatkan layanan selama musim mudik Lebaran 2019. 

Peningkatan layanan tersebut diperlukan untuk meng antisi pasi potensi gangguan ke nyamanan se lama perjalanan yang dipre - diksi masih rawan macet di sejumlah titik. Salah satu layanan yang harus diperbaiki adalah sistem transaksi di gardu tol agar lebih efisien dan efektif. 

Titik ini men - jadi biasanya rawan apa bila vo - lume kendaraan mem beludak. “Salah satunya adalah me - ningkatkan efisiensi layanan transaksi di jalan tol yang saat ini sudah terhubung dari Jakarta hingga Probolinggo untuk Trans Jawa. 

Prediksi nya ini akan menjadi jalur yang ramai,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Pari kesit di Jakarta kemarin. 

Dia menambahkan, berda - sar kan hasil koordinasi de ngan pengelola jalan tol di jalur Trans Jawa akan dilakukan relokasi untuk beberapa ger bang yang terdampak pem bangunan kon - struksi tol Jakarta-Cikampek II (elevated), light rail transit (LRT) Jabodebek maupun kereta cepat Jakarta-Bandung. 

Selain itu, berdasarkan hasil Survei Potensi Pemudik 2019 dari Kementerian Perhu bung an (Kemenhub), ada beberapa titik lain yang juga rawan macet antara lain di gerbang tol (GT) Merak, GT Cigombong (Bogor), GT Kali Kangkung (Semarang), GT Colomadu (Solo), GT Ngawi (Jawa Timur), dan lokasi-lokasi wisata. 

“Di Cikarang Utama misal nya, gerbang tol ini sebe - lum nya berada di Km 29 di jalur Jakarta-Cikampek, direlokasi ke GT Cikampek Utama Km 70 dan GT Kalihurip Utama di Km 67,” ujarnya. 

Dia menambahkan, meski mengalami relokasi, pemindahan GT tersebut tidak akan mengubah besaran tarif tol. “Jadi tidak akan ada per ubah an tarif meski ada relokasi gerbang tol,” pungkasnya. 

Sementara itu, Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Irra Soenardi mengatakan, antisi pasi lonjakan kepadatan di jalur tol Jakarta- Cikampek telah dilakukan se - bagai dampak dari pem bangun - an konstruksi di sekitarnya. 

“Jadi antisipasinya per - geseran gerbang tol, fokus di rest area, juga mendorong peng - guna jalan dapat menik mati perjalanannya dengan me - ngun jungi destinasi wisata atau sekadar kulineran di se - panjang exit tol Trans Jawa, se - hingga tidak lagi bertumpuk di rest area yang ada di dalam tol saja,” ujarnya. 

Strategi lain yang dilaku kan JasaMarga di antaranya antisi - pasi sejumlah gerbang tol barrier Trans Jawa akibat euforia ma - syarakat untuk men coba jalur tol baru. “Kami lihat keinginan masyarakat melewati jalur tol Trans Jawa masih besar. 

Makanya strategi lain, kita fokus juga pada safety atau keselamatan dengan sosial isasi terusmenerus,” ungkapnya. Dia menambahkan, pi hak - nya akan selalu melalukan pembaruan informasi me - ngenai kondisi terkini daerah rawan macet maupun titik-titik yang berpotensi kema cet an. 

Sebagai informasi, saat ini sistem transaksi pembayaran pada jalan tol Jakarta-Cikam - pek terdiri atas dua jenis tran - saksi, yaitu sistem transaksi ter - buka pada ruas Jakarta- Cikarang Barat dan transaksi tertutup pada ruas Cikarang Barat-Cikampek yang dilaku - kan pada GT Cikarang Utama, sehingga menimbulkan antre - an panjang di gerbang tol. 

Demikian juga pengguna tol Cikampek yang menuju Bandung maupun Palimanan, juga harus antre saat transaksi sehingga menambah antrean di GT Cikarang Utama. Pembangunan GT Cikam - pek Utama di Kn 70 nantinya akan melayani transaksi pem - bayaran kendaraan yang me - nuju ke Palimanan. 

Kemudian, GT Kalihurip Utama di Km 67 di ruas Jalan tol Cipularang yang akan melayani transaksi pembayaran menuju Cileunyi. Sistem transaksi pembayaran tol Jakarta-Cikampek akan mengalami perubahan dari yang sebelumnya menggunakan dua jenis sistem transaksi terbuka dan tertutup men jadi sistem transaksi terbuka keseluruhan. 

Sementara untuk meng - antisipasi terjadinya penum - pukan kendaraan saat tran saksi pembayaran pada arus mudik Lebaran 2019, GT Cikampek Utama akan me nam bah jumlah gardu menjadi 21 gardu masuk atau 21 gardu keluar (one way). 

Kemudian pada GT Kalihurip Utama, juga akan disediakan 22 gardu ma suk atau 22 gardu keluar (one way) serta meng - operasikan Mobile Reader. 

Relokasi juga dilakukan bersinergi dengan penyelesaian pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek Elevated, yang saat ini sedang masa kon - struksi di sekitar GT Cikarang Utama. 

Pembangunan tol la - yang Cikampek berdampak ter - hadap penutupan enam gardu pembayaran yang lahan nya digunakan untuk kon struksi pilar jalan tol sehingga peng - operasian GT Cikarang Utama menjadi tidak maksimal. 

Relokasi GT Cikarang Utama juga ber kaitan dengan persiapan pengoperasian jalan tol la yang Jakarta-Cikampek Elevated yang nantinya menggunakan satu kali transaksi pembayaran. 

ichsan amin 


Sumber : Koran Sindo, 24 April 2019

http://koran-sindo.com/page/news/2019-04-24/0/20/Operator_Tol_Trans_Jawa_Diminta_Tingkatkan_Layanan

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2691
mod_vvisit_counterKemarin3993
mod_vvisit_counterMinggu ini24925
mod_vvisit_counterBulan ini100001
mod_vvisit_counterSemua6786778
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download