INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner

Bisnis Angkutan Umum Bergantung pada Protokol Pandemi

INSTRAN.org - Pemerintah dan para operator angkutan umum massal diminta mulai memikirkan pembentukan prosedur standar operasi guna menghadapi...

Obral Diskon Lewat Rute Jarak Jauh

INSTRAN.org – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menawarkan potongan tarif tiket untuk menggenjot volume perjalanan sejumlah rute jarak jauh....

PSBB Jilid 2 Diperpanjang, Aturan Ganjil Genap Kembali Ditiadakan di Jakarta

INSTRAN.org - Aturan ganjil genap di wilayah DKI Jakarta hari ini, Senin 28 September 2020 masih berlaku.

Tolak Keras Perpanjangan PSBB Total, PDIP Cecar Anies Baswedan

INSTRAN.org - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth, menilai perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar ...

Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi

INSTRAN.org - Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya kolaborasi pentahelix yang melibatkan stakeholder, akademisi,...

  • Bisnis Angkutan Umum Bergantung pada Protokol Pandemi

    Selasa, 29 September 2020 10:03
  • Obral Diskon Lewat Rute Jarak Jauh

    Senin, 28 September 2020 12:32
  • PSBB Jilid 2 Diperpanjang, Aturan Ganjil Genap Kembali Ditiadakan di Jakarta

    Senin, 28 September 2020 10:46
  • Tolak Keras Perpanjangan PSBB Total, PDIP Cecar Anies Baswedan

    Senin, 28 September 2020 10:24
  • Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi

    Jumat, 25 September 2020 10:09

Metropolitan

Bisnis Angkutan Umum Bergantung pada Protokol Pandemi
Selasa, 29 September 2020
INSTRAN.org - Pemerintah dan para operator angkutan umum massal diminta mulai memikirkan pembentukan prosedur standar operasi guna menghadapi kemungkinan pandemi di masa mendatang yang seperti... Selanjutnya...
Obral Diskon Lewat Rute Jarak Jauh
Senin, 28 September 2020
INSTRAN.org – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menawarkan potongan tarif tiket untuk menggenjot volume perjalanan sejumlah rute jarak jauh. Rentetan diskon yang sempat digeber perseroan... Selanjutnya...
PSBB Jilid 2 Diperpanjang, Aturan Ganjil Genap Kembali Ditiadakan di Jakarta
Senin, 28 September 2020
INSTRAN.org - Aturan ganjil genap di wilayah DKI Jakarta hari ini, Senin 28 September 2020 masih berlaku. Selanjutnya...
Tolak Keras Perpanjangan PSBB Total, PDIP Cecar Anies Baswedan
Senin, 28 September 2020
INSTRAN.org - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth, menilai perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total sangat tidak efektif dalam memutus... Selanjutnya...
Menhub Dukung Kolaborasi Pentahelix untuk Berikan Solusi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi
Jumat, 25 September 2020
INSTRAN.org - Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya kolaborasi pentahelix yang melibatkan stakeholder, akademisi, komunitas, masyarakat dan media dapat memberikan... Selanjutnya...
Angkutan Umum Kian Bejubel, Virus Corona Makin Merajalela PDF Cetak E-mail
Senin, 10 Agustus 2020 13:02
INSTRAN.org - Sistem ganjil genap diwacanakan berlaku selama 24 jam di berbagai ruas jalan. Tidak hanya mobil, motor juga akan jadi sasaran ganjil genap.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, rencana penerapan sistem ganjil genap 24 jam bagi mobil dan motor sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 tentang PSBB transisi. “Bukan tidak mungkin pola ganjil genap yang diatur dalam Pergub 51 Tahun 2020 bisa diterapkan. Ini tak hanya berlaku untuk kendaraan roda empat, tapi juga sepeda motor,” katanya, Jumat (7/8). 

Pergub itu menyebut, pelaksanaan ganjil genap dapat diterapkan secara penuh dalam upaya mengurai kemacetan atau kepadatan. Uji coba di ruas jalan tambahan dimulai pada 12 Agustus sampai 6 September 2019. “Apa itu, itu bisa diterapkan di seluruh ruas jalan. Bisa diterapkan sepanjang hari, bisa juga diterapkan bagi seluruh kendaraan bermotor yang ada di jalan,” lanjutnya. 

Syafrin menyebut penerapan sistem ganjil genap tak lagi parsial seperti yang berlaku saat ini. Sebab, kebijakan tersebut merupakan instrumen pengganti pembatasan mobilitas masyarakat selama pandemi Covid-19 melanda Ibu Kota. 

Banyak netizen tidak setuju dengan wacana perluasan ganjil genap itu. Menurut netizen, seharusnya Pemprov DKI membenahi tranportasi massal terlebih dahulu sebelum memberlakukan kebijakan tersebut. 

“Nggak setuju. Emang pemprov mau bayarin gaji ojol-ojol yang ga kerja? Mau bayarin kurirkurir yang ga kerja karena ga bisa kirim barang? Atau mau bayarin gaji orang-orang yang dipaksa ga bisa kerja karena ga boleh bawa mobil? Bikin kebijakan pake otak whoy,” cetus Itsaldtr. 

Albreetttt mengatakan, jika ingin memberlakukan ganjil genap di sepanjang jalur Jakarta, maka transportasi umum harus dibuat ramah penumpang. Kata dia, semua infrastruktur yang mendukung pejalan kaki, kenyamanan dan keademan di tempat transportasi umum dikebut dan ditingkatkan. “Bukannya sibuk bangun stadium dan lainlain,” ujarnya. 

“Kebijakan tidak cerdas gini kok dipertahankan, bahkan malah diperluas. Kalau mau mengurangi kepadatan lalu lintas, itu dengan cara menciptakan alternatif transportasi yang aman & nyaman, bukan menghilangkan hak warga,” kata Afnan_zeroun. 

Lindawatyrad mengaku kurang setuju kebijakan perluasan ganjil genap dipaksaan saat kondisi pandemi corona seperti saat ini. Kata dia, dalam situasi oandemi corona begini lebih aman tidak berdekatan dengan banyak orang. “Terus terang saya bingung kenapa masih diterapkan di masa corona. Semoga ini sudah melewati kajian mendalam mengenai dampak neg dan po nya,” tuturnya. 

“Gila kali kalo motor sampe kena terus kita disuruh naek umum lagi pandemi begini. Dan juga gak semua tranportasi umum sampe ke titik tujuan. Jangan egois lah. Situ enak kendaraannya banyak,” ujar Shyxxi131. 

Sementara James Rockefeller Rothschild Windsor meminta netizen tidak emosi karena hal itu baru sebatas wacana. “Demi cegah penularan Covid-19, Jakarta diwacanakan gelar ganjil genap 24 jam nonstop. Baru wacana lho yaa,” ujarnya. 

“Setuju. Kena semua. Biar tertib. Kecuali kendaraan umum ya memang seharusnya kena semua aturan ganjil genap,” ungkap 183Liz. “Ga usah pakai wacana-wacana, langsung terapkan,” tegas Staffgaksus.


Sumber : RMco.id, 10 Agustus 2020

https://rmco.id/baca-berita/megapolitan/43688/rencana-ganjil-genap-24-jam-angkutan-umum-kian-bejubel-virus-corona-makin-merajalela

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini767
mod_vvisit_counterKemarin701
mod_vvisit_counterMinggu ini1468
mod_vvisit_counterBulan ini39156
mod_vvisit_counterSemua7099340
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download