INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Bom Meledak di Stasiun Kereta di Pakistan PDF Cetak E-mail
PAKISTAN, KOMPAS.com — Sebuah bom meledak di dekat stasiun kereta utama di kota Lahore, Pakistan timur, Selasa (24/4/2012), menewaskan paling tidak dua orang dan melukai 25 orang lainnya.

Petugas penyelamat menggambarkan ledakan itu "sangat besar", dan korban luka segera dilarikan ke rumah sakit. "Yang terjadi adalah ledakan bom, dua orang meninggal," kata perwira polisi Abdul Razzaque Cheema kepada kantor berita AFP.

Sejumlah laporan menyebutkan bom itu diletakkan di ruang tunggu stasiun kereta. "Bom itu diletakkan dalam satu tas. Kami perkirakan berat peledak itu 6-8 kg," kata anggota kepolisian, Aslam Tareen.

Juru kamera AFP mengatakan, ledakan terjadi di dekat ruang tunggu kereta kelas satu yang menuju Karachi, jalur yang diluncurkan dua bulan lalu. Lahore, ibu kota Provinsi Punjab, sering menjadi tempat kekerasan sektarian antara kelompok Sunni dan Syiah.

Serangan pertama dalam beberapa bulan

Tayangan televisi menunjukkan ruangan tunggu di stasiun kereta itu penuh potongan kaca dari jendela yang pecah dan puing-puing perabotan. Sejumlah laporan menyebutkan, serangan itu adalah yang pertama di Lahore dalam beberapa bulan terakhir.

Bulan Januari 2011, seorang pengebom bunuh diri meledakkan diri selama prosesi kelompok Syiah di Lahore, serta menewaskan 13 orang dan melukai lebih dari 50 orang. Adapun Februari lalu, seorang pengebom meledakkan diri di luar masjid di kawasan Syiah di daerah Kurram, dan menewaskan 26 orang.

Kelompok militan menewaskan lebih dari 4.900 orang di seluruh Pakistan sejak pasukan pemerintah menyerbu masjid kelompok ekstrem di Islamabad bulan Juli 2007. Banyak yang menuding kelompok Taliban dan militan yang terkait Al Qaeda berada di balik berbagai serangan ini. Kelompok-kelompok ini paling aktif di kawasan perbatasan barat laut dengan Afganistan.
 
Sumber berita: Kompas.com, 25 April 2012
Link: http://internasional.kompas.com/read/2012/04/25/03314366/Bom.Meledak.di.Stasiun.Kereta.di.Pakistan.

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1012
mod_vvisit_counterKemarin2573
mod_vvisit_counterMinggu ini8212
mod_vvisit_counterBulan ini70481
mod_vvisit_counterSemua1607311
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download