INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Wussh! Menengok Kereta Tercepat di Dunia 350 Km/Jam di Tiongkok PDF Cetak E-mail
INSTRAN.org - Salahsatu moda transportasi andalan dan kebanggaan warga Tiongkok adalah kereta cepat yang disebut Gaotie atau China Railway High-speed (CRH). Kereta di Tiongkok ini menjadi paling cepat di dunia mengalahkan Shinkansen milik Jepang.

Detikcom bersama beberapa wartawan usai menghadiri penganugerahan gelar 'honorary profesorship' untuk Surya Paloh dari Beijing Foregin Studies University (BFSU), berkesempatan menjajal kereta cepat itu pada ‎Kamis (12/9/2014). Rute yang diambil adalah Beijing-Tianjin sejauh 117 Km.

Sama seperti umumnya kereta di Indonesia, di Tiongkok juga ada kelasnya untuk penumpang. Secara ringkas ada kelas VIP (kursi lebar), bisnis (seat 2-2) dan ekonomi (seat 3-3). Kelas itu tentu membedakan harga, misalnya Beijing-Tianjin kelas bisnis seharga ¥65,50 atau sekitar Rp 130.000.

Pengkategorian juga berlaku untuk kecepatan kereta yang ditentukan oleh jarak, hal itu dapat diketahui dari jadwal keberangkatan. Ada tiga kategori yang secara berurutan membedakan kecepatan yaitu seri C, seri D‎ dan paling cepat seri G.

Contoh, Beijing-Tianjin sejauh 117 Km masuk kategori seri C dengan kecepatan 300 Km‎/Jam. Atau Beijing-Shanghai sejauh 1.433 Km kategori luar kota seri D dengan kecepatan 350 Km/jam. Semua dipaparkan dalam jadwal keberangkatan di stasiun, lengkap dengan jam keberangkatan.

Penting dicacat, semua keberangkatan kereta di Tiongkok tepat waktu sesuai jam yang ada pada tiket. Maka tak ada alasan berpikir sedikit pun kereta akan terlambat. Lalu bagaimana suasana di dalam kereta?

Hmm.. Nyaman dan tak ada goncangan. Perjalanan Beijing-Tianjin dengan kecepatan 300 Km/jam hanya dicapai 30 menit. Kecepatan kereta ini ditampilkan dalam layar yang ada di atas ujung kabin, termasuk secara bergantian layar itu juga menampilkan waktu dan suhu di dalam kereta.

Soal fasilitas, kereta cepat di Tiongkok memang tak hanya menawarkan perjalanan yang singkat namun juga fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas ini standar di semua kelas. Apa saja?

Di antaranya adalah kursi yang nyaman dengan meja lipat, ruang toilet di sela antar gerbong yang luas dan bersih, fasilitas air minum, mini bar yang juga ada di sela antar gerbong, layanan makanan dan minum ringan yang disediakan pelayan yang hilir mudik serta fasilitas lainnya termasuk keamanan.

Tak ada penumpang yang berdiri di sela-sela bangku penumpang apalagi pedagang. Ada tampak penumpang hanya sekitar 4 orang yang berdiri di sela gerbong. Nah, di sela gerbong ini juga ada ruang untuk polisi seukuran sekitar 3x3 meter.

Lalu, kapan Indonesia bisa memiliki kereta cepat?

Sumber Berita: Detik.com, Senin, 15/09/2014 08:57 WIB

http://news.detik.com/read/2014/09/15/085730/2690105/10/2/wussh-menengok-kereta-tercepat-di-dunia-350-km-jam-di-tiongkok

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini147
mod_vvisit_counterKemarin3111
mod_vvisit_counterMinggu ini147
mod_vvisit_counterBulan ini49818
mod_vvisit_counterSemua7262788
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download