INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner

Nasional

PERLUNYA MEREGULASI SEPEDA

E-mail Cetak PDF
KI DARMANINGTYAS

INSTRAN.org - Kehadiran sepeda selama masa mandemi yang begitu massif sebetulnya suatu anugerah. Bagi saya pribadi yang sejak 19 tahun silam mendirikan LSM Transportasi yang focus untuk kampanye penggunaan angkutan umum, kembali ke sepeda, pejalan kaki, dan keselamatan berlalu lintas; kehadiran sepeda selama masa pandemic Covid 19 ini sungguh dapat menghibur diri. Karena 19 tahun silam banyak orang mengira saya itu bermimpi, tapi sekarang ini kita bisa menyaksikan sendiri kehadiran sepeda di sejumlah kota Indonesia. Konon, selama masa pandemik, pabrik sepeda yang semula akan mem-PHK karyawannya pun batal karena orderan sepeda mencapai 1000%. Ini sesuatu yang menggembirakan meskipun sepeda masih digunakan sebagai sarana transportasi dan olah raga. Di jalanan di Jakarta misalnya, pada jam berangkat/pulang kerja belum terlihat adanya peningkatan pengguna sepeda. Pengguna sepeda ramai setelah magrib atau malam Sabtu dan Sabtu-Minggu pagi. Semoga berawal dari kehadiran sepeda sebagai sarana rekreasi dan olah raga ini kelak berkembang menjadi sarana transportasi harian sehingga dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara. 
Selanjutnya...
 

SOLIDARITAS BANTU SOPIR ANGKUTAN UMUM LAWAN KORONA

E-mail Cetak PDF
Sahabat INSTRAN ( www.instran.org ) yang budiman,

Menghadapi tingginya penyebaran Virus Korona/Covid-19, Pemerintah mengeluarkan himbauan agar masyarakat melakukan kegiatan di rumah saja (WFH). Yang paling terpukul atas kebijakan ini salah satunya adalah pekerja angkutan umum, baik itu dalam kota maupun antar kota. Mereka praktis tidak memperoleh pendapatan sama sekali karena tidak beroperasi. Mereka yang beroperasi pun tidak memperoleh penumpang (sewa) sehingga ketika operasi justru hanya menambah beban operasional bagi mereka. Selain mereka tidak memiliki tabungan sebagai cadangan, mayoritas dari mereka juga masih menyewa tempat tinggal di rumah kontrakan. Logikanya, mereka itu merupakan kelompok yang secara otomatis mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT), namun dalam kenyataannya tidak semua mendapatkannya. Mungkin ada yang memperoleh, tapi mereka yang saya jumpai dan saya kenal tidak memperolehnya sehingga memerlukan uluran tangan dari individu-individu yang terpanggil. 
Selanjutnya...
 

SIARAN PERS "PERLU DIANTISIPASI KEMUNGKINAN MUDIK LOKAL LINTAS JABODETABEK DI HARI RAYA IDUL FITRI"

E-mail Cetak PDF
Pemerintah perlu melakukan antisipasi kemungkinan munculnya mudik lokal pada Hari Raya Idul Fitri 1441H mendatang. Mudik lokal yang dimaksud adalah bepergian untuk silaturahmi secara fisik kepada kerabat ataupun saudara yang jaraknya tidak jauh, misalkan lintas wilayah di dalam Jabodetabek. Hal ini mengingat kegiatan seperti ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat terutama setelah selesai Sholat Ied. “Tradisi biasanya tidak mudah begitu saja dihentikan walaupun sifatnya sementara, seperti halnya mudik jarak jauh yang selama ini kita lihat.
Selanjutnya...
 

Pointer Arahan Dirjen Hubud Terkait Larangan Mudik

E-mail Cetak PDF
1. Larangan melakukan perjalanan di dalam negeri maupun ke dalam negeri, baik dengan menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi mulai tanggal 24 April 2020 s/d tanggal 1 Juni 2020.
Selanjutnya...
 
Halaman 1 dari 94

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini480
mod_vvisit_counterKemarin467
mod_vvisit_counterMinggu ini480
mod_vvisit_counterBulan ini15522
mod_vvisit_counterSemua7115808
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download