INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Arus Mudik Membeludak, Antrean Panjang Sempat Terjadi di Pelabuhan Gilimanuk PDF Cetak E-mail

Antrean panjang sepeda motor dan kendaraan pemudik dari Bali ke Jawa terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali. Hingga Minggu (3/7) antrean  mencapai sepanjang enam kilometer, bahkan sejak semalam antre belum mendapat kesempatan menyeberang ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dari pantauan SP di Pelabuhan Gilimanuk, antrean arus mudik kali ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya, karena antrean Sabtu malam atau H-4 mencapai 14-15 kilometer. Polisi bersenjata lengkap berjaga-jaga di sekitar antrian panjang tersebut, sehingga pemudik mengikutian antrian dengan tertib dan rapi, tidak ada saling ingin mendahului.

Pengendaraan pemudik diklasifikan masing-masing untuk bus, sepeda motor dan kendaraan pribadi. Sedangkan kendaraan truk yang membandel sebenarnya telah dilarang beroperasi sesuai surat keputusan Menteri Perhubungan sejak 1 Juli 2016 tidak mendapat kesempatan untuk diseberangkan ke Jawa.

Ibu Sri yang rumahnya hanya 20 meter sebelum Pelabuhan Gilimanuk menuturkan, antrean di Pelabuhan Gilimanuk telah terjadi sejak tiga hari terakhir.  Pekarangan rumahnya yang banyak digunakan sebagai tempat istirahat para pemudik pengendara sepeda motor itu menjelaskan, kali ini tidak ada kapal penyeberangan khusus yang mengangkut sepeda motor seperti mudik tahun-tahun sebelumnya.

Kalau sebelumnya ada kapal penyeberangan yang khusus mengangkut sepeda motor berkapasitas 500-1.000 unit sepeda motor sehingga mampu mengatasi antrean. "Bahkan banyak pemudik yang antre sejak Sabtu (2/6) hingga sekarang belum mendapat kesempatan menyeberang.

Berdasarkan catatan Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Provinsi Bali di Pelabuhan Gilimanuk disiagakan 52 unit kapal penyeberangan ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur berkapasitas mengangkut 70.273 penumpang, 20.336 unit sepeda motor dan 7.474 kendaraan roda empat.[137]

 Sumber: Suara Pembaruan, Senin 4 Juli 2016

http://sp.beritasatu.com/nasional/arus-mudik-membeludak-antrean-panjang-sempat-terjadi-di-pelabuhan-gilimanuk/115985 

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini250
mod_vvisit_counterKemarin2031
mod_vvisit_counterMinggu ini250
mod_vvisit_counterBulan ini40478
mod_vvisit_counterSemua3911259
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download