INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
"Nikmati Jalan Berlubang..." PDF Cetak E-mail

INSTRAN.org - Warga Dusun Liangnge, Desa Bojo, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, gerah dengan rusaknya jalan poros Parepare-Makassar, tepatnya di kilometer 11. Sejak dua bulan terkahir, jalan itu dibiarkan rusak dan belum ada perbaikan.


Hampir tiap sore hingga malam hari, ruas jalan tersebut menjadi langganan macet hingga kiloan meter. Sebagai bentuk protes, warga setempat membuat palang dengan tulisan "Nikmati Jalan Berlubang, Walau Tak Senikmat Lubang berjalan".

Sindiran yang ditujukan pada pemerintah tersebut tak elak membuat pengguna jalan yang kadang terjebak macet, mengurai senyum. Wawan, warga yang rumahnya tepat di pinggir jalan rusak itu, mengatakan, air juga menggenangi jalan. Menurutnya, kecelakaan kerap terjadi di jalan itu.

"Di sini kecelakaan sering terjadi, terutama sepeda motor karena menghindari lubang, apalagi kalau malam dan turun hujan," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (3/1/2014).

Saat hujan turun dengan intensitas tinggi, katanya, warga setempat sampai harus memandu para pengendara agar tidak terjerembab ke dalam lubang yang bisa menyebabkan pengendara motor jatuh.

"Daripada memakan korban, kita terpaksa memandu para pengendara agar tidak celaka," ujarnya.

Warga berharap pengerjaan jalur trans Sulawesi ini bisa segera dilakukan agar tidak menggangu pengguna jalan, terutama para warga yang tiap harinya menggunakan jalan ini. Sekadar diketahui, sebelum jalanan ini dijadikan dua jalur, setiap sore hingga malam kerap terjadi kemacetan panjang hingga 3 Kilometer.

Sumber berita: kompas.com, 03 Januari 2014

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini597
mod_vvisit_counterKemarin1954
mod_vvisit_counterMinggu ini18293
mod_vvisit_counterBulan ini64853
mod_vvisit_counterSemua7277823
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download