INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Lagi, Ratusan Sopir Taksi Demo Tolak Taksi Blue Bird di Malang PDF Cetak E-mail

INSTRAN.org - Ratusan sopir taksi yang sudah lama beroperasi di Kota Malang menggelar aksi di depan gedung Balaikota dan DPRD Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (5/3/2014). Mereka menolak kehadiran taksi Blue Bird di Malang.


Sebelumnya, para sopir taksi juga sudah menggelar aksi sebanyak dua kali di depan Balaikota Malang. Kali ini, aksi juga digelar di depan gedung DPRD Kota Malang.

Menanggapi tuntutan para sopir itu, Walikota Malang Muhammad Anton mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa menolak kehadiran taksi Blue Bird di Kota Malang. Pasalnya, pemerintah kota bisa dinilai melanggar UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang monopoli praktik persaingan usaha.

"Jelas kita tidak punya wewenang untuk menolak. Jika ditolak, kita bisa dituntut pihak perusahaan Blue Bird," tegas Anton kepada wartawan.

Menurut Anton, beberapa daerah yang menolak kehadiran Blue Bird selalu kalah pada tataran persidangan tuntutan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Solusinya, kehadiran Blue Bird di Malang kita batasi. Kalau pengajuannya 100, kita batasi 50 saja," tegasnya.

Anton juga mengatakan bahwa Pemkot Malang sudah serig menerima komplain dari masyarakat tentang minimnya pelayanan taksi lokal.

"Banyak keluhan soal pelayanan taksi lokal. Itu yang menjadi pertimbangan saya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Arif Wahyudi menegaskan, pihaknya tetap akan menolak tambahan taksi baru di Kota Malang.

"Alasannya, karena jumlah armada saat ini, sudah mencukupi. Selain itu, kondisi jalan Kota Malang sempit. Pemkot Malang harus mengkaji ulang," katanya.

Perusahaan taksi Blue Bird telah mengajukan permohonan operasi pada Pemkot Malang, Januari lalu. Pihak Blue Bird mengajukan permohonan operasi 100 unit taksi. Sementara itu, jumlah taksi yang beroperasi di Kota Malang saat ini sudah mencapai 500 unit dengan jumlah 1000 sopir.

Hingga pukul 11.30 WIB, ratusan taksi dan sopirnya masih menggelar aksi di depan balaikota Malang. Hal itu menyebabkan lalu lintas tersendat dan aparat harus mengalihkan kendaraan bermotor ke arah lain. Aksi itu juga dijaga ketat oleh ratusan kepolisian dari Polresta Malang.

Sumber berita: kompas.com, 5 Maret 2014

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1741
mod_vvisit_counterKemarin1905
mod_vvisit_counterMinggu ini14372
mod_vvisit_counterBulan ini64043
mod_vvisit_counterSemua7277012
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download