INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Proyek Bandung Urban Railway, Jalur Kereta Api akan Dibuat 'Melayang' PDF Cetak E-mail
INSTRAN.org - Jalur kereta api Padalarang-Cicalengka akan dimoderenisasi dengan menggunakan sistem elektrifikasi. Proyek tersebut diharapkaan bisa mengurangi polusi dan mengurangi kemacetan di pusat Kota Bandung.

Proyek yang diresmikan pada 4 Juni 2013 lalu oleh Wakil Menteri Perhubungan Indonesia dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis ini otomatis akan membuat jalur kereta api yang melintas di Kota Bandung ikut direnovasi.

"Jadi nanti, akan dibangun jembatan layang untuk jalur kereta api. Dimulai dari Kebon Kawung sampai Kiaracondong. Nanti rel kereta apinya dinaikkan," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Menurut pria yang akrab disapa Emil tersebut, proyek ini sangat bermanfaat bagi warga Kota Bandung. Dengan moderenisasi koridor perkeretaapian diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas ke kota Bandung dan daerah Bandung Raya lainnya. "Jadi nanti warga di luar Kota Bandung akan lebih mudah memakai transportasi kereta api untuk ke Kota Bandung," kata dia.

Menurut Emil, PT KAI sendiri terbuka dalam menerima desain moderenisasi koridor perkeretaapian tersebut. Pihaknya mengaku Pemkot Bandung akan mempermudah proses akan memulai pembangunan di Kota Bandung.

"PT KAI open terhadap desain. Saya juga sudah sampaikan mungkin nanti stasiun tercanggihnya ada di Gedebage. Kami juga akan mempermudah proses pada saat giliran Bandung," kata dia.

Proses pengerjaan proyek yang memakan biaya 157 juta dolar ini ditargetkan mulai tahun 2015 dan dikerjakan dalam jangka waktu tiga tahun. "Kalau enggak ada halangan, konstruksi mulai 2015. Kurang lebih pengerjaanya tiga tahun, tahun 2017 sudah bisa dinikmati," tandasnya.

Sumber Berita: Detik.com, Kamis, 24/04/2014 09:57 WIB

http://news.detik.com/read/2014/04/24/095742/2564010/486/proyek-bandung-urban-railway-jalur-kereta-api-akan-dibuat-melayang

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1470
mod_vvisit_counterKemarin3310
mod_vvisit_counterMinggu ini29353
mod_vvisit_counterBulan ini48030
mod_vvisit_counterSemua7261000
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download