INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Kota Bogor Kaji Penggunaan Angkot Listrik PDF Cetak E-mail
INSTRAN.org - Pemerintah Kota Bogor sedang mengkaji untuk menggunakan angkutan umum menggunakan energi listrik sebagai pengganti angkutan kota (angkot) yang masih menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, mobil listrik dipilih menjadi salah satu alternatif karena dianggap ramah lingkungan, hemat, dan rendah tingkat kecelakaannya.

Hal itu dikatakan Bima Arya dalam audiensi dengan tim mobil listrik, Selasa (13/5/2014) di Balaikota Bogor. Turut hadir dalam audiensi adalah Kepala Dinas Lalu LIntas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor Suharto dan East Jawa Representative PT Grain Syukur Hidayat.

"Kami ingin mensinkronkan moda transportasi yang ada di Kota Bogor. Kita perlu masukan-masukan yang reliable," katanya.

Biaya murah

Dia mengaku penggunaan angkutan umum berbahan bakar listrik atau BBG merupakan pilihan yang sedang dipertimbangkan.

"Kita sedang elaborasi sistem angkutan umum yang ramah lingkungan. Kami sangat tertarik. Ada beberapa pilihan," kata Bima.

Sementara itu Manager Pemasaran PT Grain, Haryanto Setiawan mengatakan mobil listrik menjadi salah satu alternatif yang menarik karena banyaknya keuntungan dibandingkan mobil konvensional.

Perusahaan tersebut tengah mengembangkan mobil dengan energi listrik. Mobil listrik dipilih karena keunggulannya, kata Haryanto, yakni low noise, low accident, low cost, dan low emission.

Dengan biaya Rp 10.000, mobil listrik dapat melaju sejauh 100 kilometer. Dngan perhitungan biaya listrik yang dikeluarkan untuk mengisi baterai maksimal 6 jam.

"Saat ini kami sedang berkonsentrasi di Pulau Jawa. Karena Pulau Jawa dan Bali merupakan pulau dengan konsumsi BBM paling tinggi di Indonesia dengan jumlah penggunaan mobil pribadi paling tinggi," katanya. (wid)

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1345
mod_vvisit_counterKemarin3310
mod_vvisit_counterMinggu ini29228
mod_vvisit_counterBulan ini47905
mod_vvisit_counterSemua7260875
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download