INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Jalan Tol Sidoarjo-Surabaya Sering Kecelakaan, Ini Jawaban Jasa Marga PDF Cetak E-mail
INSTRAN.org - Bagi pengguna jalan tol dari Sidoarjo ke arah Surabaya, hendaknya wajib memwaspadai Km 20 sampai Km 17. Selain aspalnya bergelombang, jalur tersebut sering terjadi kecelakaan.

Pantauan detikcom, aspal di sisi lajur kiri sebagian besar sudah bergelombang sehingga memicu kerawanan kendaraan kehilangan kendali jika memacu dengan kecepatan tinggi.

Seringnya kecelakaan beruntun di lokasi yang tepat di barat Masjid Agung Surabaya ini dinilai Jasa Marga karena pengguna tol mengebut karena ruas jalan yang sepi.

"Kondisi jalannya baik, cuma lokasinya sepi, sehingga pengendara tertarik memacu kendaraannya hingga kencang," kata General Manager PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol Christantio Prihambodo, Jumat (22/8/2014).

Christantio menerangkan, pihaknya akan berupaya untuk mengingatkan para pengendara untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam berkendara. Seperti akan memasang lampu warning line di median jalan, serta garis kejut. "Kita juga akan pengadaan lampu flipflop," kata dia. Mengenai jalan yang bergelombang akibat deformasi (gerakan tanah) akan diperbaiki. "Digerus diaspal lagi," katanya.

Kecelakaan terakhir yang terjadi di Km 19.100 pada Jumat (30/8/2014). Kecelakaan melibatkan 4 kendaraan yakni truk trailer, Mobil boks, Toyota Avanza, dan Suzuki Carry. 4 Orang mengalami luka-luka dalam peristiwa itu.

Faktor terbesar peyebab kecelakaan akibat dari human error (pengemudi) sekitar 40 persen. Sedangkan sisanya dari kelaikan kendaraan dan faktor lingkungan (penyeberang jalan di tol, baik yang dilakukan manusia maupun hewan yang melintas).

"Untuk menekan kecelakaan, kita juga akan memasang papan informasi elektronik. Saat ini sudah ada 5 titik informasi elektronik. Rencananya akan ditambah lagi 1 titik di bundara dekat Kodikal (komando pendidikan TNI Angkatan Laut)," tandasnya.

Sumber Berita: Detik.com, Jumat, 22/08/2014 10:08 WIB

http://news.detik.com/read/2014/08/22/100817/2669535/475/jalan-tol-sidoarjo-surabaya-sering-kecelakaan-ini-jawaban-jasa-marga

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1366
mod_vvisit_counterKemarin3310
mod_vvisit_counterMinggu ini29249
mod_vvisit_counterBulan ini47926
mod_vvisit_counterSemua7260895
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download