INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Begini Rencana Kota Tangerang Mengembangkan Transportasi Massal PDF Cetak E-mail
INSTRAN.org - Kota Tangerang terus berbenah soal transportasi massal. Untuk mengajak masyarakatnya pindah menggunakan transportasi umum, Pemerintah Kota Tangerang melakukan sejumlah rencana salah satunya kendaraan yang terintegrasi.

Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah mengatakan bahwa Pemkot Tangerang saat ini tengah mengembangkan Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Batu Ceper dengan Terminal Poris.

Pemkot Tangerang menggandeng Kementerian Perhubungan untuk mengerjakan proyek tersebut. Nantinya akan ada 6 jenis transportasi umum yang dapat dipilih masyarakat untuk mobilitas.

Pilihan transportasi tersebut antara lain Angkutan Kota, APTB, KRL, Bus Rapid Transit (BRT) dalam kota, BRT dengan Jakarta, dan kereta bandara.

"Dengan Pak Menteri (Ignasius Jonan) kita kembangkan TOD di stasiun batu ceper dengan terminal poris. Ada 6 jenis transportasi terintegrasi mulai dari angkutan kota, APTB, KRL, BRT dalam kota, BRT dengan Jakarta, dan kereta bandara," ujar Arief, Kamis (19/11/2015).

Arief berharap dengan terintegrasinya transportasi umum di Kota Tangerang serta dengan berbagai pilihan, dapat menarik minat masyarakat untuk meninggalkan kendaraan pribadi.

"Jadi intinya pemerintah sekarang, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mencoba menyajikan berbagai jenis transportasi agar masyarakat mau berpindah dari kendaraan pribadi ke transportasi massal," lanjutnya.

Selain itu juga, Pemot Tangerang berencana membangun moda transportasi massal kereta api. Kementerian Perhubungan dan Kereta Api Indonesia (KAI) tengah menggodok rencana untuk pembangunan kereta rel listrik (krl) jalur Tangerang - Tanjung Priok.

Di jalur tersebut juga bakal dibuat stasiun baru yang ada di stasiun Palem Semi. Dijelaskan Arief, banyak masyarakat kabupaten Tangerang yang ingin menuju Jakarta menumpuk di stasiun pasar anyar Tangerang.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga membangun Transit Oriented Development (TOD). TOD ini bakal terintegrasi dengan beberapa jenis polihan kendaraan yang dapat menghubungkan Tangerang dengan Jakarta dan kota lainnya.

"Yang kita usulkan kemarin itu pengembangan kereta krl yang tadinya dari stasiun pasar anyar (Tangerang) kita tarik ke Priok dan satu lagi ke Palem Semi yang berbatasan dengan Kabupaten. Sekarang banyak orang kabupaten (Tangerang) yang ingin ke Jakarta naik dari stasiun pasar anyar," ujar Arief. 

Sumber Berita: Detik.com, Kamis 19 Nov 2015, 15:18 WIB

http://news.detik.com/berita/3075448/begini-rencana-kota-tangerang-mengembangkan-transportasi-massal

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini254
mod_vvisit_counterKemarin2031
mod_vvisit_counterMinggu ini254
mod_vvisit_counterBulan ini40482
mod_vvisit_counterSemua3911263
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download