INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Melbourne Jadi Kota Sepeda: Bike Share, Jalur dan Parkir Khusus PDF Cetak E-mail
Melbourne - Selain identik dengan kota trem, Melbourne juga berambisi membangun kota sepeda. Fasilitas bike share alias berbagi sepeda, jalur dan parkir khusus sepeda tersebar di penjuru kota. 

Itu yang disaksikan detikcom selama 2 pekan di Melbourne atas undangan Australia Plus ABC International pada September 2015 lalu. 

Jalur-jalur sepeda disediakan khusus dengan memberikan cat warna khusus di satu jalur, atau cat putih dengan simbol sepeda di jalan. 

Parkir-parkir sepeda tersedia di seluruh trotoar. Tempat parkir sepeda itu berupa palang besi berbentuk tapal kuda yang dipancangkan di trotoar.  Bahkan tiang-tiang rambu kadang juga jadi tempat parkir sepeda. Sepeda itu dirantai begitu saja. Aman, tak perlu khawatir sepeda diambil orang. 

Selain jalur dan parkir khusus sepeda, ada pula sistem bike share di beberapa sudut kota. Carilah papan biru mencolok dengan tulisan "Melbourne Bike Share" dengan jajaran sepeda berwarna biru terang.

Sayangnya, untuk menggunakan bike share ini hanya mereka yang memiliki kartu kredit. Cara berlangganannya, bila harian dan mingguan bisa langsung di tempat dengan menggesekkan kartu kredit di mesin dan Anda akan menerima kertas kode kunci untuk mengambil sepeda. Sedangkan langganan tahunan hanya bisa dilakukan melalui internet dan kunci akan dikirim. 

Selain biaya langganan, ada biaya perjalanan yang harus dibayar. Untuk 30 menit pertama, gratis. Lebih dari 30 menit, tarifnya antara AU$ 2 - AU$ 10, tergantung lamanya waktu perjalanan. 

Melbourne sendiri memang sangat berkomitmen mewujudkan kota sepeda dan memiliki "The Bicycle Plan", yakni perencanaan Pemkot Melbourne membangun kota sepeda dengan periode 4 tahun-an. Programnya, membangun jalur sepeda yang berkualitas dan terkoneksi dengan rute yang aman, mendorong warga untuk memakai sepeda dan meningkatkan keselamatan pesepeda. 

Menurut situs Pemkot Melbourne, hingga kini, jaringan sepeda di kota ini mencapai 135 km. Tahun 2015 ini, direncanakan menambah 7 km jalur sepeda. Hingga tahun 2014, sepeda mencapai 15 persen dari total pergerakan kendaraan dalam kota di pagi hari. 

Setiap jalur sepeda yang dikembangkan melibatkan partisipasi aktif dari warga Melbourne. Untuk menjaring aspirasi warga, Pemkot Melbourne menyebarkan brosur supaya warga bisa urun pendapat membangun kota sepeda yang disalurkan melalui situs Pemkot. 

Sumber Berita: detik.com, Rabu 18 Nov 2015, 10:31 WIB

http://news.detik.com/internasional/3073942/melbourne-jadi-kota-sepeda-ltigtbike-shareltigt-jalur-dan-parkir-khusus

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini371
mod_vvisit_counterKemarin2393
mod_vvisit_counterMinggu ini6958
mod_vvisit_counterBulan ini47186
mod_vvisit_counterSemua3917967
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download